DIKLAT GEOSPASIAL
***************************************************************
DIKLAT PENATAAN BATAS WILAYAH (13 Sd 17 Maret 2017)
DIKLAT ToT PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (06 Sd 10 Maret 2017)
DIKLAT JABFUNG SURTA TERAMPIL (06 Sd 17 Maret 2017)
***************************************************************
INFORMASI LEBIH LANJUT TENTANG DIKLAT GEOSPASIAL BIG, SILAHKAN HUBUNGI 021.8754601 & 081219296777 email diklat@big.go.id
***************************************************************

Selasa, 13 Maret 2012

Asep Karsidi Dilantik sebagai Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG)

Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta pada Rabu, 7 Maret 2012 di Cibinong, melantik Asep Karsidi sebagai Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG). Pelantikan Asep Karsidi sebagai kepala BIG sesuai Keputusan Presiden RI No. 29/M Tahun 2012. Bertindak sebagai saksi pada acara pengambilan Sumpah Jabatan Kepala BIG adalah Kepala BATAN, Hudi Hastowo dan Kepala LAPAN, Bambang Setiawan Tejasukmana. BIG lahir sebagai amanat dari Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial (IG) dengan tugas dan fungsi sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 94 Tahun 2011 tentang BIG.

Dalam sambutannya, Menristek mengatakan, terbitnya UU No.4 Tentang IG dan Perpres No.94 Tahun 2011 ini menjadi momentum penting dalam penyelenggaraan IG di Indonesia. Pelantikan ini juga menandai secara resmi bahwa lembaga baru bernama BIG telah memiliki pucuk pimpinan. UU IG mengamanatkan beberapa tugas penting pada BIG yaitu; (a) Menyiapkan Informasi Geospasial Dasar (IGD) sebagai acuan atau referensi berbagai Informasi Geospasial Tematik (IGT) (b) Menyiapkan infrastruktur IG agar segenap IG dapat dengan mudah diakses, dipertukarkan atau berbagi pakai dan dimanfaatkan dalam proses pengambilan keputusan terkait geospasial atau ruang kebumian baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat luas (c) Membina Sumber Daya Manusia (SDM) dan industri IG melalui proses pembinaan jabatan fungsional, sertifikasi SDM, sertifikasi badan-badan usaha, penelitian dan pengembangan IPTEK, serta pendidikan dan pelatihan di bidang IG. Gusti M. Hatta menambahkan bahwa pemerintah akan senantiasa memberikan dukungan bagi kemajuan penyelenggaraan IG. Ada dua program penting yang dapat disinergikan dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan BIG, yaitu peningkatan kapasitas SDM IPTEK dan peningkatan inovasi untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan IGD dan kebutuhan berbagai IGT yang dilakukan berbagai Kementerian dan Lembaga serta IGT terintegrasi yang dilakukan BIG dalam memenuhi kebutuhan khusus pembangunan seperti, mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), perumusan Ekoregion di bidang Lingkungan Hidup dan lain-lain. Gusti M Hatta berharap IG yang handal, terintegrasi, dan mudah dimanfaatkan baik untuk pemerintah maupun masyarakat luas dapat terwujud.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh para pimpinan Kementerian dan Lembaga serta para pejabat di lingkungan Bakosurtanal/ BIG.

sumber : www.bakosurtanal.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by PT. SCS TRAYA MAHADANA | Design by PT. SCS TRAYA MAHADANA |