DIKLAT GEOSPASIAL
***************************************************************
DIKLAT PENATAAN BATAS WILAYAH (13 Sd 17 Maret 2017)
DIKLAT ToT PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (06 Sd 10 Maret 2017)
DIKLAT JABFUNG SURTA TERAMPIL (06 Sd 17 Maret 2017)
***************************************************************
INFORMASI LEBIH LANJUT TENTANG DIKLAT GEOSPASIAL BIG, SILAHKAN HUBUNGI 021.8754601 & 081219296777 email diklat@big.go.id
***************************************************************

Senin, 04 Juni 2012

Partisipasi BIG dalam Pameran Pekan Informasi Nasional

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kondisi geografis ini menuntut adanya suatu infrastruktur yang dapat digunakan masyarakat Indonesia untuk mewujudkan satu kesatuan politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai penyelenggara Informasi Geospasial mempunyai misi untuk membangun data dan Informasi Geospasial Dasar (IGD) dan Informasi Geospasial Tematik (IGT) sesuai kebutuhan nasional yang dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses. Ini berarti pembangunan infrastruktur di bidang Informasi Geospasial (IG) serta peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM) dalam bidang IG mulai dari tahap pemberian pengetahuan dasar, keterampilan pengoperasian, perawatan dan pemanfaatan terhadap IG mutlak diperlukan. Diharapkan, semua pihak baik pemerintah, dunia pendidikan, swasta maupun perseorangan dapat memanfatkan IG secara optimal.

Sebagai sarana untuk memperkenalkan data dan IG, BIG berpartisipasi dalam Pameran Pekan Informasi Nasional (PIN) di Manado Sulawesi Utara (23-26 Mei 2012). PIN terselenggara atas kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado. Selain BIG, peserta pameran terdiri dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/ Kota, serta LSM bidang Informasi dari seluruh Indonesia.

PIN yang diselenggarakan di Grand Kawanua Manado ini dibuka secara resmi oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring. Tifatul Sembiring dalam pidato sambutannya menyatakan bahwa melalui kegiatan PIN, seluruh program pembangunan pemerintah dapat lebih bersinergi dalam rangka membangun Tata Informasi Nasional menuju masyarakat Indonesia yang informatif dan sejahtera.

Produk-produk unggulan BIG yang dipamerkan diantaranya; Atlas Nasional Indonesia I, II dan III, Atlas Sulawesi Utara From Space, Undang-Undang Informasi Geospasial, Ina-GeoPortal, Atlas Pulau Kecil Terluar, Atlas Pariwisata Indonesia, Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta sejumlah produk BIG lainnya.

Diharapkan, partisipasi BIG dalam Pameran PIN, perpaduan teknologi IG dengan teknologi informasi dan komunikasi akan berdampak positif untuk pembangunan dan pemantapan kembali karakter bangsa Indonesia yang mulai tergerus di tengah pengaruh perkembangan strategis dunia.

Rangkaian kegiatan PIN 2012 selain pameran, diisi pula dengan kegiatan seminar, sarasehan, bimtek, workshop, dialog interaktif di berbagai media massa serta berbagai pertunjukan rakyat dari beberapa provinsi di Indonesia.

Oleh: Agung TM & Yudi Irwanto/ www.bakosurtanal.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by PT. SCS TRAYA MAHADANA | Design by PT. SCS TRAYA MAHADANA |