DIKLAT GEOSPASIAL
***************************************************************
DIKLAT PENATAAN BATAS WILAYAH (13 Sd 17 Maret 2017)
DIKLAT ToT PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (06 Sd 10 Maret 2017)
DIKLAT JABFUNG SURTA TERAMPIL (06 Sd 17 Maret 2017)
***************************************************************
INFORMASI LEBIH LANJUT TENTANG DIKLAT GEOSPASIAL BIG, SILAHKAN HUBUNGI 021.8754601 & 081219296777 email diklat@big.go.id
***************************************************************

Tentang kami

BALAI DIKLAT GEOSPASIAL - BIG
Balai Pendidikan dan Pelatihan Geospasial adalah salah satu unit organisasi dalam lingkungan kerja Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan tugas pokok menyelenggarakan pembinaan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia Informasi Geospasial melalui serangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan. Terlahir dengan nama PUSBINBANGGA Geospasial pada tahun 1982, Balai Diklat Geospasial tidak hanya melakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi sumberdaya manusia BIG, tapi juga SDM yang ada di instansi pemerintah lainnya yang terkait dengan kegiatan Informasi Geospasial, baik tingkat pusat maupun daerah. Bahkan di tingkat regional, Balai Diklat Geospasial juga berperan aktif dalam pembinaan SDM Informasi Geospasial melalui kegiatan pelatihan TCDC( Technical Cooperation amongs Developing Countries ) bidang Informasi Geospasial yang menjangkau negara-negara berkembang di kawasan Asia Pasifik, yang sekarang lebih dikenal sebagai SSC(South-South Cooperation).

Besarnya peranan Balai Diklat Geospasial dalam pembinaan dan peningkatan kompetensi sumberdaya manusia Informasi Geospasial tidak terlepas dari dinamika pengetahuan dan teknologi Informasi Geospasial yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Kemajuan di bidang pengetahuan dan teknologi, di satu sisi, telah mampu mendongkrak efektifitas, efiesiensi dan produktifitas kerja, namun disisi lain, kemajuan ini menuntut penguasaan pengetahuan, keterampilan dan keahlian dari para tenaga kerja. Tanpa keterampilan yang memadai, pengetahuan dan teknologi tersebut praktis tidak akan banyak membantu peningkatan produktifitas dan efisiensi kerja. Dalam kaitannya dengan pembinaan dan peningkatan kompetensi tenaga Informasi Geospasial nasional, salah satu kendala yang paling dirasakan adalah kurangnya informasi yang diterima oleh para SDM Informasi Geospasial, terutama yang bekerja di instansi daerah, tentang aktivitas dan pelayanan jasa pelatihan Balai Diklat Geospasial.

Dalam rangka pemerataan pengetahuan dan keterampilan ini, Balai Diklat Geospasial merasa perlu menyusun panduan yang berisi program kegiatan pelatihan di Bidang Informasi Geospasial. Buku ini diharapkan menjadi media komunikasi dengan para aparat instansi daerah, swasta atau individu yang memerlukan penambahan pengetahuan dan keterampilan.

VISI :
Menjadi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Yang Unggul dan Terdepan di Bidang Informasi Geospasial

MISI :
1.Mengembangkan sistem pembelajaran berlandaskan best practises yang memenuhi standar kompetensi di bidang informasi geospasial
2.Menjalin kerjasama dalam pengembangan SDM informasi geospasial
3.Meningkatkan kualitas dan pelayanan yang baik dalam penyelenggaraan diklat informasi geospasial

MAKLUMAT :

Profesional dalam Pelayanan Pelatihan Untuk Mewujudkan Sumberdaya Manusia yang andal di bidang Informasi Geospasial

Manajemen Diklat Geospasial pada dasarnya merupakan satu kesatuan pengelolaan antara sistem pembelajaran, penyiapan para instruktur, pengelolaan sarana dan prasarana diklat.

Sistem pembelajaran yang diadopsi oleh Balai Diklat Geospasial adalah perpaduan antara teori yang berbasiskan pengetahuan pustaka, pengalaman kasus-kasus yang pernah terjadi, dan praktek yang berbasiskan pada realtime data serta pembuatan future scenario (modeling).

Penyelenggaraan pelatihan umumnya dilaksanakan di Gedung Balai Diklat Geospasial - BIG atau tempat lain yang disepakati oleh Balai Diklat Geospasial dan instansi/ organisasi pengguna jasa Balai Diklat Geospasial. Dalam kaitannya dengan penyelenggaraan atas dasar permintaan, waktu pelatihan dapat ditentukan kemudian oleh Balai Diklat Geospasial dan instansi/ organisasi yang bersangkutan.

Untuk peserta perorangan yang akan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan di BIG, biaya untuk setiap pelatihan bisa dilihat pada daftar terlampir. Untuk instansi/ organisasi yang akan menyelenggarakan pelatihan dengan menggunakan jasa Balai Diklat Geospasial – BIG, biaya pelatihan tergantung pada jenis dan lama pelatihan.







 
Design by PT. SCS TRAYA MAHADANA | Design by PT. SCS TRAYA MAHADANA |