Penyebab dan cara mengobati migrain sebelah kiri. Migrain di sebelah kiri bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi makanan tertentu, hingga kondisi medis. Kondisi seperti ini bisa mengganggu aktivitas dan perlu penanganan. Berikut adalah beberapa penyebab serta cara mengobati migrain sebelah kiri

Apa Penyebab Migrain Yang Terjadi Di Sebelah Kiri?

Penyebab dan cara mengobati migrain sebelah kiri

Sangat disayangkan, sampai saat ini belum pasti apa yang menjadi penyebab migrain sebelah kiri. Namun, para ahli kesehatan menduga bahwa sakit kepala pada sebelah kiri ini ada hubungan nya dengan pelebaran pembuluh darah pada sekitar area otak.
Tak hanya itu saja, baik migrain sebelah kiri ataupun kanan, tetap ada beberapa kondisi yang menjadi pemicu dan meningkatkan resiko terjadi migrain pada waktu mendatang, antara lain:

Stres

Ketika kamu sedang merasakan stres, tubuh kamu akan melepaskan bahan kimia sebagai respons untuk melawan atau untuk lari. Bahan kimia inilah yang dapat mengencangkan otot dan mengubah aliran darah, yang keduanya dapat menyebabkan migrain sebelah kiri.

Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Mengonsumsi beberapa jenis makanan diketahui bisa menyebabkan migrain, terutama yang mengandung bahan pengawet.
Makanan umum yang menjadi pemicu terjadinya migrain antara lain, keju tua, kacang-kacangan, dan daging olahan, seperti hot dog dan bacon. Tak hanya makanan, beberapa jenis minuman juga dapat menjadi pemicu ternjadinya migrain sebelah kiri, seperti alkohol, terutama wine, dan terlalu banyak kafein.

Perubahan Waktu Tidur

Kurang beristirahat, mengalami kesulitan ketika ingin tidur atau insomnia, dan terlalu banyak tidur atau jet lag dapat menyebabkan sakit kepala di sebelah kiri atau migrain untuk sebagian orang.

Rangsangan Sensorik

Cahaya yang terang dan sinar matahari yang terik juga dapat menyebabkan migrain, begitu pula dengan suara keras yang terus menerus. Bau yang menyengat, seperti parfum, cat, rokok, dan lainnya juga memicu munculnya migrain sebelah kiri.

Cara Mengobati Migrain Sebelah Kiri

Beberapa cara perawatan alternatif rumahan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian kepala sebelah kiri atau migrain misalnya. Mengompres dingin atau hangat pada bagian kepala yang merasakan nyeri, Mandi dengan air hangat, pola tidur yang cukup setidaknya 7 hingga 8 jam di malam hari, mendengarkan musik yang lembut dan menenangkan.

Jika memang diperlukan, Anda bisa mengonsumsi obat yang dijual bebas di apotik, seperti paracetamol, aspirin, dan ibuprofen.
Akan tetapi, apabila migrain sebelah kiri justru makin memburuk, sebaiknya Anda segera berobat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya, dokter meresepkan beberapa obat pereda nyeri kepala berikut ini.

Obat Antiinflamasi Nonsteroid atau NSAIDs, misalnya naproxen untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada pada kepala yang terasa amat sakit.

Kelompok Beta Blocker misalnya, propranolol, metoprolol, dan atenolol, untuk mengatasi hipertensi dan membantu mencegah migrain episodik.

Obat Antikejang, seperti gabapentin, sodium divalproex, dan topiramate untuk mengatasi sekaligus mencegah migrain dan nyeri kepala yang kronis.

Kelompok Anti Depresan, seperti amitriptyline guna membantu mengatasi rasa gelisah, depresi, dan masalah tidur yang kerap muncul ketika sakit kepala.