Perawatan wajib untuk gigi berlubang. Pasalnya gigi berlubang merupakan masalah mulut dan gigi yang umum di alami banyak orang. Kondisi tersebut bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti bakteri di mulut, sering ngemil, minum-minuman manis, dan tidak langsung membersihkan gigi dengan baik setelahnya.

Bila di biarkan saja, lubang pada gigi bisa makin membesar dan mempengaruhi lapisan gigi yang lebih dalam. Akibatnya, kamu bisa mengalami sakit gigi yang parah, infeksi, atau kehilangan gigi.
Itulah mengapa penting untuk mengobati gigi berlubang sesegera mungkin.

Berikut Beberapa Perawatan Gigi Berlubang:

Perawatan Gigi

Berikut adalah beberapa cara perawatan terhadap gigi berlubang, semakin cepat gigi berlubang kamu tangani, semakin besar peluang untuk gigi kembali seperti semula kemabali. Selain itu, bila gigi berlubang di rawat sebelum kondisi tersebut menimbulkan rasa sakit, kamu mungkin tidak memerlukan perawatan intensif. Perawatan gigi berlubang juga tergantung pada seberapa parah kondisi gigi tersebut.

Perawatan Dengan Fluoride

Bila gigi yang berlubang masih berada pada tahap awal, perawatan fluoride bisa membantu memulihkan enamel gigi dan terkadang bisa mengembalikan kondisi gigi seperti semula.

Perawatan gigi berlubang ini menggunakan cairan, gel, foam, atau pernis yang mengandung fluoride yang tinggi, yang di sikat langsung ke gigi, atau di tempatkan di wadah yang di pasang di atas gigi kamu.

Menambal Gigi (Filling)

Tambal-Gigi-1

Menurut Diklatgeospasial Tambalan atau disebut juga restorasi adalah pilihan perawatan yang utama bila gigi berlubang sudah berkembang lebih parah dari tahap paling awal. Filling terbuat dari berbagai bahan, seperti resin konposit sewarna gigi, porselen atau amalgam gigi yang merupakan gabungan dari beberapa bahan.

Perawatan Wajib Untuk Gigi Berlubang Dengan Pemasangan Mahkota

untuk gigi berlubang yang sudah meluas atau melemah, kamu mungkin memerlukan mahkota, yaitu penutup yang di pasang khusus untuk menggantikan seluruh mahkota alami gigimu. Dokter akan mengebor semua area yang membusuk dan sisa gigi kamu secukupnya untuk memastikan muat dengan mahkota.

Mahkota bisa terbuat dari emas, porselen berkekuatan tinggi, resin, porselen yang menyatu dengan logam, atau bahan lainnya.

Saluran Akar (Root canal)

root-canal-treatment

Bila pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi (pulpa), kamu mungkin membutuhkan saluran akar. Ini adalah perawatan gigi berlubang yang bertujuan untuk memperbaiki dan meyelamatkan gigi yang rusak parah atau terinfeksi, bukan mencabutnya.

Pulpa gigi yang sakit akan di angkat. Obat terkadang di masukkan kedalam saluran akar untuk membersihkan infeksi apa pun. Kemudian ampas nya di ganti dengan isian.

Pencabutan Gigi

Pada kasus dimana gigi sudah sangan rusak dan tidak dapat di pulihkan, maka pencabutan gigi menjadi perawatan gigi berlubang yang mungkin akan di lakukan. Namun, pencabutan gigi bisa meninggalkan celah yang memungkinkan untuk gigi kamu yang lain untuk bergeser. Jadi, bila memungkinkan, pertimbangkanlah untuk memasang bridge atau implan gigi untuk menggantikan gigi yang hilang.