Rekomendasi obat alami penderita kolesterol tinggi. Kolesterol adalah salah satu contoh penyakit untuk sebagian orang yang memiliki gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat. Pemicu kolesterol bisa terjadi lewat gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga, dan sering mengonsumsi makanan yang menganduk banyak lemak jahat. Selain pengobatan medis, kolesterol juga dapat diobati dengan berbagai jenis obat-obatan alami.

Kira-kira, apa saja jenis obat-obatan alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi yang dapat kita coba di rumah?

Dilansir dari https://www.diklatgeospasial.net/ , berikut dibawah ini adalah beberapa jenis obat-obatan alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi:

Bawang Putih

Rekomendasi obat alami penderita kolesterol tinggi

Bawang putih di kenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya sebagai obat kolesterol alami. Fakta nya, konsumsi bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol total dan LDL dalam tubuh.
Namun, jangka waktu yang di butuhkan untuk melihat hasil atau efek dari konsumsi bawang putih bisa di bilang cukup lama. Yakni bisa sampai 8 minggu. Jadi untuk pengobatan alami penderita kolesterol tinggi tidak bisa hanya dengan mengharapkan konsumsi bawang putih saja ya.

Buah Alpukat

Rekomendasi obat alami penderita kolesterol tinggi

Alpukat adalah buah yang di kenal kaya akan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini di sebabkan karena alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh atau lemak baik yang tinggi. Yaitu sekitar 16% dari keseluruhan isinya. Namun, kandungan lemak pada alpukat merupakan lemak sehat karena terdiri dari 63% asam lemak yang tak jenuh, utamanya lemak tak jenuh tunggal.

Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat bermanfaat sebagai antioksidan alami yang dapat menjaga pembuluh darah arteri dari kerusakan akibat tumpukan kolesterol atau lemak jahat (LDL). Di samping itu, alpukat juga kaya akan serat dan omega 9, sehingga membantu menjaga kadar gula dalam darah.

Buah Apel

Rekomendasi obat alami penderita kolesterol tinggi

Buah apel ternyata tidak hanya lezat tetapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, apel juga terbukti mengandung zat beta-glucan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem imun tubuh, mengendalikan kadar gula darah, dan mengurangi resiko terkena kanker.

Makanan yang Mengandung Serat Larut Air

Makanan yang mengandung serat larut air membuat usus menyerap kolesterol lebih sedikit. Sehingga kadar kolesterol pun bisa terjaga dalam tubuh. Rekomendasi makanan yang mengandung serat larut dalam air yang mudah di temukan adalah roti gandum, jeruk, kacang merah, pir, wortel, dan kentang.

Fermentasi Beras Putih

Fermentasi beras putih

Obat kolesterol lainnya yakni fermentasi beras putih atau angkak. yakni bumbu masakan sekaligus herbal yang populer dalam pengobatan tradisional Cina (TCM). Angkak di yakini dapat menurunkan kadar LDL dan triglisida dalam darah karena memiliki kandungan monacolin K. Senyawa tersebut biasanya hanya di temukan di dalam lovastatin, obat yang biasa di resepkan untuk penderita kolesterol tinggi.