Sinusitis. Gejala, penyebab, serta pengobatannya. Berikut sedikit penjelasaan tentang apa itu sinusitis.
Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan pada jaringan yang melapisi bagian sinus atau dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil berisi udara dan terletak pada bagian struktur tulang wajah.

Gangguan ini dapat membuat lendir tipis yang mengalir keluar dari saluran hidung. Sinus dapat tersumbat karena terisi cairan, sehingga bakteri tumbuh dan menyebabkan Infeksi.
Saat terinfeksi, rongga sinus akan terisi dengan lendir dan terjadi pembengkakan pada selaput lendir sehingga membuat sumbatan.

Adapun penyebab yang paling sering terjadi adalah akibat bakteri serta virus. Jika penyebabnya adalah virus, kondisi ini akan menjadi penyakit menular.

Sinusitis

Gejala Sinusitis

Gejala pada sinusitis sendiri tergantung pada usia dan jenis yang pengidapnya alami. Pada jenis kronis, gejala nya dapat menyerupai gejala sinusitis akut.
Tetapi sinusitis kronis menimbulkan gejala yang ringan dan berlangsung lebih lama.
Namun, secara umum gejala dari kondisi ini mirip sekali dengan flu biasa dan gejala nya dapat meliputi:

  • Penurunan indera penciuman
  • Demam
  • Hidung tersumbat atau berair
  • Sakit kepala akibat tekanan sinus
  • Kelelahan serta batuk-batuk

Penyebab Sinusitis

Penyebab terjadinya sinusitis ini akibat virus, bakteri, atau jamur yang menyebabkan penyumbatan pada sinus atau pembengkakan.

Beberapa faktor umum untuk kondisi kronis meliputi:
Polip hidung. Pertumbuhan jaringan ini dapat menyumbat saluran hidung atau sinus
Deviasi septum hidung. Septum yang bengkok (dinding diantara lubang hidung) dapat membatasi atau menyumbat saluran sinus. Hal tersebut membuat gejala menjadi lebih buruk.

Kondisi medis lainnya. Komplikasi dari kondisi seperti cystic fibrosis, HIV< dan penyakit terkait sistem kekebalan lainnya dapat menyebabkan penyumbatan hidung
Infeksi saluran pernapasan. Kondisi seperti pilek, dan menebalkan selaput sinus dan menghalangi draine lendir. Penyebab infeksi ini biasanya virus atau bakteri.
Alergi. Peradangan yang terjadi akibat bakteri dapat menyumbat sinus.

Pengobatan Sinusitis

Sebagian besar kasus sinus terjadi akibat infeksi virus dan mungkin tidak memerlukan pengobatan.  Dikutip dari DIKLAT GEO SPASIAL
Untuk meringankan gejala kondisi ini akibat virus, pengidap dapat mengonsumsi obat bebas dan pengobatan rumahan dapat membantu meringankan gejalanya.
Selain itu, ada beberapa pilihan pengobatan yang dapat dokter rekomendasikan, diantaranya:

Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Dalam kasus yang jarang sekali terjadi, sinus dapat menyebabkan sakit kepala atau tekanan pada dahi dan pipi.
Obat pereda nyeri yang tersedia bebas seperti acetaminophen dan ibuprofen dapat membantu meredakan gelaja.

Minum Antibiotik

Jika gejala yang dialami tidak membaik selama beberapa minggu, kemungkinan besar sinusitis terjadi akibat infeksi bakteri sehingga pengidapnya sangat membutuhkan antibiotik. Jika pengidapnya menerima antibiotik, konsumsi antibiotik perlu mengikuti saran dan resep dari dokter

Jangan pernah berhenti minum obat lebih awal karena hal ini dapat resistensi antibiotik sehingga kondisi ini mungkin tidak sembuh sepenuhnya.