Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut. Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak hanya dengan menggosok gigi. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, langkah awalnya adalah dengan pemilihan sikat gigi yang tepat.

Memilih sikat gigi juga menjadi awal cara anda merawat kesehatan gigi dan mulut, pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut agar nyaman ketika digunakan dan jangan lupa rutin konsultasi ke dokter. Cara tersebut terbukti dapat menghindari resiko terkena penyakit gigi dan mulut.

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat di lakukan dengan sikat gigi 2 kali sehari. Dan menjaga pola hidup sehat dari makanan maupun minuman yang anda konsumsi. Selain dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, hal tersebut juga baik untuk kesehatan serta mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

Bagaimana tips menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Mother and daughter brushing teeth in the bathroom

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut menurut https://www.diklatgeospasial.net/

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Diawali Dengan Pemilihan Sikat Gigi Yang Tepat

Pemilihan sikat gigi yang tepat merupakan langkah awal menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.
Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu halus dan lembut agar nyaman pada saat digunakan.
Selain itu, pastikan bulu pada sikat gigi yang anda pilih memiliki bentuk kecil membulat di bagian ujungnya. Jika sudah 3 bulan digunakan, jangan lupa untuk mengganti sikat gigi tersebut.
Tak hanya memperhatikan bentuk dari sikat gigi, cara menyikat gigi juga menentukan kesehatan gigi dan mulut anda. Anda di sarankan untuk menggosok gigi dengan gerakan memutar dan tidak terlalu menekan gigi.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Flossing / Membersihkan Gigi Dengan Benang Gigi

Merawat-Kesehatan-Gigi-dan-Mulut

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi juga dapat di lakukan dengan Flossing. Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi perlu di lakukan setiap hari sekali. Flossing di lakukan untuk membersihkan kotoran di gigi yang tidak dapat di jangkau oleh sikat gigi.

Mengurangi Konsumsi Makanan Dan Minuman Manis

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat di lakukan dengan membatasi konsumsi makanan serta minuman manis.
Seperti minuman berenergi,bersoda,biskuit,roti, dan kue. Hal ini karena makanan dan minuman manis yang di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Berhentikan Kebiasaan Merokok

Kandung nikotin dan tar di dalam rokok dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Kerugian lain jika Anda merokok adalah gigi menjadi rapuh dan mudah patah, serta meningkat resiko terkena kanker mulut. Sebab itu menjaga kesehata gigi dan mulu dapat di lakukan dengan cara memberhentikan kebiasaan merokok.

Menggunakan Obat Kumur

Agar kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga, anda dapat menggunakan obat kumur setelah makan atau sebelum tidur. Obat kumur di percaya mampu membersihkan area gigi dan mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.