Tips merawat kulit berminyak dan berjerawat, kulit berminyak dan berjerawat biasanya muncul pada usia remaja dan dewasa muda. Jerawat umumnya di akibatkan oleh perubahan hormon, minyak, dan bakteri yang menumpuk di permukaan kulit. sehingga dapat membuat produksi sebut tersumbat dan dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah atau area kulit.
Berikut adalah beberapa tips atau cara merawat kulit agar terhindar atau setidaknya mencegah Jerawat:

1. Pilih Pembersih Wajah Yang Tepat

Langkah pertama untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat adalah dengan memilih pembersih wajah yang tepat atau sesuai dengan kondisi kulit wajah. Sebaiknya, pilih pembersih wajah yang tidak mengiritasi kulit dan efektif menghilangkan minyak berlebih.

2. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Meskipun kita wajib membersihkan wajah secara rutin setelah beraktifitas, terlalu sering atau berlebihan justru akan menimbulkan iritasi. Bukannya membaik, kulit yang iritasi justru akan memicu produksi minyak di wajah lebih tinggi.

3. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan langkah penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.
Namun, bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, perawatan Eksfoliasi harus di lakukan dengan sangat berhati-hati.
Pilih produk Eksfoliasi dengan kandungan gentle, sehingga tidak mengiritasi kulit kamu.
Asam salisilat atau alpha hydroxy acid (AHA) contoh kandungan yang gentle namun dapat membersihkan pori-pori tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.

4. Pilih Produk Non Komedogenik

Perhatikan produk Kecantikan ataupun Skincare yang kamu gunakan. Apakah berlabel non komedogenik atau tidak.
Karena, produk Non Komedogenik tidak akan menyumbat pori-pori, mengurangi resiko terbentuk nya komedo atau jerawat.
Pilih pelembab dan produk perawatan lainnya yang dirancang khusus untuk kulit berminyak dan bersifat ringan.
Dermocosmetic adalah pilihan yang efektif merawat kulit berminyak dan berjerawat. Sebab, formulanya dirancang khusus untuk kulit sensitif dan rentan berjerawat.

5. Hindari Menyentuh Atau Memecahkan Jerawat

Hindari menyentuh atau memecahkan Jerawat, karena dapat menyebabkan infeksi bahkan jaringan parut. Selain itu, karena jika semakin di pegang atau di pencet, Jerawat akan semakin membersar, memburuk, serta dapat meninggalkan cacat yang sangat buruk untuk wajah yaiut bopeng atau keloid.

6. Perhatikan Pola Makan

Tak hanya memilih produk perawatan kulit saja yang tepat, melainkan pola makan juga harus di perhatikan.
Usahakan cukupi kebutuhan air setiap harinya agar kulit tetap lembab. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, hindari juga makanan dan minuman yang tinggi kandungan gula nya. Konsumsi gula berlebih dapat memicu peningkatan produksi insulin dalam tubuh.
Insulin yang tinggi juga dapat mernagsang kelenjar minyak dalam kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Alhasil, kulit lebih mudah berjerawat.

Baca juga artikel lainnya disini!